Wednesday 9 September 2015

2 Cara Untuk Membuat SIM Mobil di Jepang Bagi Orang Asing

      Selamat malam teman teman semua di sini saya mau berbagi pengalaman sendiri tentang bagaimana Cara untuk mendapatkan SIM Mobil Di Jepang bagi kita orang asing.
 ada 2 cara.
  • 1.Bagi yang sudah memiliki SIM Indonesia dan sudah digunakan minimal 3 bulan lebih setelah tiba di Jepang. ( dan jangan coba coba minta di buat kan SIM Indonesia Kalau sudah berada di Jepang karena pihak Ke polisian Jepang akan memeriksa kebenaran dan ke aslian SIM anda. Sekali kena Blacklist selamanya tidak akan bisa buat SIM mobil Di jepang. Ini berdasarkan pengalaman teman di Jepang.
  • 2. cara ke 2 yaitu apabila tidak memiliki SIM Indonesia anda bisa mengikuti Kursus mengemudi Di jepang 運転学校 biayanya kisaran ¥ 20Man sampai ¥ 30Man ( 20jt - 30jt) Tergantung paket dan fasilitas yang di pilih.
                                                                       Sample SIM
Bagi teman yang memilih cara pertama kebetulan waktu saya Buat SIM saya juga memilih cara pertama. SIM Indonesia tersebut di  Terjemahkan dulu (JAF) itu nama tempat  kantor untuk menerjamahkan SIM di Jepang, bisa anda chek di internet (http://www.jaf.or.jp/

tempatnya ada di mana mana seluruh Jepang. Setelah anda terjemahkan Bawa lah ke tempat pembuatan SIM beserta berkas lainnya seperti Pasport, SIM Indonosia, KTP Jepang, Jyuminhyou(住民票/anda bisa peroleh di kantor daerah setempat/Kuyakushyo/shiyakusyo). Adapun testnya yaitu test Tulis 10 Nomor dan Test Drive/運転. Jika test  tulis lulus maka anda boleh mengikuti tes Drive nya. Tapi kalau gagal Test tulis berarti anda bisa test ulang lagi di hari lain. Selama anda belum lulus test tulis berarti Belum bisa mengikuti test Drive nya. Seperti itu urutannya. Biaya sekali test itu kisaran ¥2000 - ¥ 4000, tergantung wilayah masing. Kebetulan saya dulu Cuma skali Test Langsung Lulus biaya yang saya keluarkan semuanya Kisaran ¥1man saja (1juta) murah kan kalau di pikir pikir. Bila ada yang kurang jelas boleh di tanyakan di kolom komentar. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya teman teman yang sekarang berdomisili di Jepang baik itu Mahasiswa, Perawat, kensyusei yang memperoleh izin dari perusahan atau yang Berkeluarga dengan orang Jepang. 
 klik di bawah bila ingin melihat Videonya
https://www.youtube.com/watch?v=b24ZtNHds9Q

4 comments:

  1. untuk pembuatan sim motor gmn mbak?

    ReplyDelete
  2. Kalau motor seperti nya Harus ikut Kursus Motor dulu di 運転学校(Unten Gakkou) tapi kalau Untuk SIM motor 50cc tidak perlu kursus motor Karena kalau sudah punya SIM mobil Jepang bisa juga di pakai buat mengenderai motor 50cc. begitu kira kira mas Haska

    ReplyDelete
  3. klo sim indo nya blm lama di pke d indo sih gm itu mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesuai aturan minimal Pemakain SIM Indo nya harus 3 bulan mas Aziz.
      tapi dengar dengar aturan baru sekarang minimal 6 bulan pemakaian di Indonesia.

      Delete